Bije Widjajanto shares his thought

Manusia dilahirkan untuk memberi arti bagi orang lain. Saya membagikan ide dan pemikiran saya lewat posting dalam blog ini dengan harapan ada yang bermanfaat bagi para pembaca. Topik yang saya angkat dalam blog ini berkisar antara: membangun motivas diri, self leadership, team building, konsep business development dan secara khusus franchising. Saya membuka diri bagi para pembaca yang ingin memberi masukan, komentar, kritik, saran ataupun koreksi.

Wednesday, January 25, 2006

Jenis Jenis Franfchise Business 2/3 (FRANCHISE #03)

Dear Entrepreneurs,

Pada posting saya sebelumnya tentang Franchise, saya sudah membawakan jenis franchise yang I yaitu penerapan sistem franchise yang menyentuh seluruh aspek operasi bisnis. Pada posting ini saya share tentang sistem franchise yang II yaitu sebagai channel distribusi. Seperti sebelumnya tulisan-tulisan saya ini sangat diwarnai olejh opini dan pemahaman saya pribadi tentang franchise, oleh karena itu saya mengundang komentar2 atau tanggapan dari rekan-rekan semua yang tentu pada akhirnya dapat memperkaya khasanah kita semua.

2. Kategori Sistem Franchise Distribution Channel

Sistem franchise yang berada dalam kategori Distribution Channel ini lebih sederhana dari kategori sebelumnya. Dalam sistem franchise ini, pelanggan masih perlu untuk datang ke outlet secara langsung. Untuk itu, standardisasi sistem harus sampai pada keseragaman rasa dan suasana outlet. Kegaitan operasional yang menjadi tanggung jawab franchisee adalah proses delivery produk dan services.

Pada umumnya, sistem franchise jenis ini diterapkan untuk distribusi produk-produk consumer goods. Proses produksi secara keseluruhan terjadi di pihak franchisor. Oleh karenanya eksistensi outlet franchise adalah sebagai channel distribusi produk tersebut. Sebagai sebuah distribution channel

Franchisee harus membuat suasana outlet menjadi nyaman dan disukai oleh customer dan tetap menjaga standard yang ditentukan oleh franchisornya. Dalam hal ini, franchisee

3. Kategori Sistem Franchise Keagenan

(bersambung .... 3/3)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home