Bije Widjajanto shares his thought

Manusia dilahirkan untuk memberi arti bagi orang lain. Saya membagikan ide dan pemikiran saya lewat posting dalam blog ini dengan harapan ada yang bermanfaat bagi para pembaca. Topik yang saya angkat dalam blog ini berkisar antara: membangun motivas diri, self leadership, team building, konsep business development dan secara khusus franchising. Saya membuka diri bagi para pembaca yang ingin memberi masukan, komentar, kritik, saran ataupun koreksi.

Monday, January 02, 2006

IMPERIAL FUND: Apa itu???

Rekan2 yth,

Saya baru saja mengunjungi web site sebuah tawaran investasi di alamat http://imperialfund.com./ Sejauh informasi yang saya peroleh di sana, praktik bisnis meraka kelihatan seperti MLM biasa. Tetapi setelahsaya cermati lebih lanjut, saya melihat bahwa ini adalah praktik 'capital drive' atau penggalangan modal. Capital yang dikumpulkan digunakan untuk kegiatan usaha trading di Gold, Stock dan Forex.
Yang menarik bagi saya, mereka menggunakan MLM untuk strategi promosi dengan perbandingan 1:10. Artinya setiap 1 member diharapkan mendapatkan 10 downline. Setiap member tidak harus invest. Cuman, mereka memberi bonus yang cukup menarik, Rp. 20.000/member, apabila member yang direferensikan invest Rp. 1jt.
Mereka juga memberikan insentif yang sangat menarik bagi member yanginvest minimal Rp. 1jt. berupa profit 0.5% per hari sampai dengan 200% atau selama 80 minggu (1,5 tahun). Yang aneh, besaran yang ditentukan di awal tanpa mempedulikan performance bisnis yang akan terjadi. Sebagai investor, profitnya sudah di-peg dengan besaran 0.5%/hari.
Iming2 bagi investor ini yang menarik untuk saya cermati. Menurut saya, sebetulnya yang mereka lakukan adalah berhutang kepada investor(member yang deposit) dengan bunga 200% dalam 80 minggu. Jadi kalausaya invest Rp. 1 juta saat ini, 80 minggu yad saya akan mendapatkan kembali uang saya sebesar Rp. 3 jt, masih ditambah bonus2 yang dapat setiap bulan serta hadiah2. Profitabilitinya setinggi ini menurut saya sangat spektakuler, dan menarik untuk diikuti.
Hanya saja kemudian saya timbul pertanyaan, bagaimana mereka menjalankan bisnis ini sehingga profitabilitinya sedemikian tinggi. Saya tidak tahu seluk beluk trading emas. Apakah ada aplikasi supercanggih yang bisa menjamin keuntungan setiap hari, dalam volume transaksi yang setiap hari semakin besar? Bagi kita yang terbiasa dengan bisnis konvensional ini, bisa dapat 30% aja sudah sangat bersyukur.
Sebagai investor (member yang menanam investasi) sangat berkepentingan untuk melakukan due diligent terhadap bisnisnya, investor harus tahu persis bagaimana dan seberapa besar profit yangdapat diraih, bagaimana organisasinya, kekuatan modalnya, siapa pengelolanya dll. Kalau perlu mereka membuka financial report mereka.
Sebagai kegiatan capital drive, tentu bukan unlimited melainkan ada limit yang tidak boleh dilewati. Saya kawatir ini akan berakhir seperti PT QSAR dan apabila itu yangterjadi, kembali lagi pada terminologi pertama saya bahwa praktik initidak lain adalah 'money game' belaka.
Namun saya berharap bahwa kekawatiran saya ini hanya karena ketidaktahuan saya. Apabila ada yang lebih tahu tolong share di sini sehingga ada pemahaman yang jernih mengenai praktik bisnis IMPERIAL FUND ini.
Semoga bermanfaat.
Salam,
Bije Widjajanto
www.benwarg.com

0 Comments:

Post a Comment

<< Home