Bije Widjajanto shares his thought

Manusia dilahirkan untuk memberi arti bagi orang lain. Saya membagikan ide dan pemikiran saya lewat posting dalam blog ini dengan harapan ada yang bermanfaat bagi para pembaca. Topik yang saya angkat dalam blog ini berkisar antara: membangun motivas diri, self leadership, team building, konsep business development dan secara khusus franchising. Saya membuka diri bagi para pembaca yang ingin memberi masukan, komentar, kritik, saran ataupun koreksi.

Monday, January 02, 2006

Teamwork (#1/3)

Rekan2 yth,Sharing lagi nih, mudah2an bermanfaat dan syukur kalo ada yangnanggapi, sehingga bisa njadi thread diskusi yang lebih hidup.
"Sebuah ide dapat diwujudkan secara maksimum bila dikerjakan olehpemilinya, tetapi tidak ada ide yang dapat diselesaikan seorang diri"
Ungkapan di atas menggambarkan betapa pentingnya sebuah kerja sama,di mana sebuah pekerjaan harus dikerjakan oleh lebih dari satu orang.Dalam organisasi, baik sosial, pemerintahan atau usaha,kata 'teamwork' ini telah menjadi kata yang sangat poluler, bahkantidak jarang menjadi sebuah ungkapan 'klise'.
Pada kenyataannya, memanglah benar, bahwa manusia ditakdirkan untukhidup berkelompok. Dalam sebuah kelompok eksistensi angotanya akanmuncul kalau dia mempunyai nilai yang berguna bagi anggota lainnya.Nilai ini adalah sebuah tindakan, dukungan, ide atau pemikiran.
Dalam organisasi moderen, 'teamwork' ini mendapat perhatian sangatpenting, dan berbagai teori telah dimunculkan untuk sebuah tujuan,yaitu agar effort dari semua anggota oraganisasi dapat semaksimalmungkin mendorong tercapainya tujuan bersama.
Dalam artikel ini akan saya memaparkan beberapa jenis teamwork. Sayamengambil model dari permaian olah raga. Ada 3 jenis teamwork dengansifat-sifatnya:
1. Tim Pemain Ganda
Dalam sebuah permainan ganda, apakah itu badminton, tenis, tenismeja dll, tidak ada deferensiasi tugas antar anggota-anggotanya. Masing-masing anggota mungkin mempunyai spesisalisasi tertentu berdasarkan keahlian/bakat yang dimiliki. Walaupun begitu dalam permainan mereka berperan secara simetris, baik tanggungjwab danhaknya. Mereka bermain dengan satu tujuan yaitu supaya timnya menang. Mereka akan menggunakan keahlian yang menjadi spesialisasinya apabilamuncul peluang.
Teamwork model ini adalah yang paling sederhana dan sering terjadipada kelompok-kelompok kecil yang memungkinkan komunikasi antaranggota bisa dilakukan secara intensif. Model ini juga mensyaratkantikat kemahiran seluruh anggota yang setara. Setiap anggota memiliki deskripsi tugas yang sama dan memahaminya. Dengan demikian mereka bisa saling menggantikan peran masing-masing ketika berhadapan denganpihak lain.
Contoh teamwork model 'pemain ganda' ini dalam bisnis misalnya adalah dalam consulting company, baik accouting, legal, finansial. Dalam sebuah bagian, teamwork ini terjadi misalnya pada kelompok sales force, dimana kelompok sales mempunyai sebuah target yang sama.
Untuk mengoptimalkan kinerja tim jenis ini ada beberapa hal dominan sebagai berikut:
1. pengetahuan terhadap kelemahan dan keunggulan setiap anggota
2. intensitas komunikasi yang tinggi
3. kesadaran atas tujuan tim
4. kepercayaan yang tinggi antar anggota
5. antar-motivasi masing-masing anggota
Hal-hal di atas apabila dikelola secara baik, maka faktor kendala seperti, kesalahpahaman, disorientasi target, perasaan terlalu terbebani dll, yang akan mempengaruhi kinerja tim secarakeseluruhan bisa dihindari
.... bersambung .....
Salam,
Bije
www.benwarg.com

0 Comments:

Post a Comment

<< Home