Bije Widjajanto shares his thought

Manusia dilahirkan untuk memberi arti bagi orang lain. Saya membagikan ide dan pemikiran saya lewat posting dalam blog ini dengan harapan ada yang bermanfaat bagi para pembaca. Topik yang saya angkat dalam blog ini berkisar antara: membangun motivas diri, self leadership, team building, konsep business development dan secara khusus franchising. Saya membuka diri bagi para pembaca yang ingin memberi masukan, komentar, kritik, saran ataupun koreksi.

Monday, January 02, 2006

HOW TO SELECT FRANCHISE PRODUCT

Lewat posting ini saya ingin mendapatkan opini anda, terutama bagiyang tertarik pada bidang franchise. Akhir2 ini banyak sekali orang2memulai usaha baru melewati sistem franchise. Mungkin karena secaraspesifik Robert Kiyosaki menyebut sistem ini sebagai salah satu jaluruntuk menjalan bisnis. Banyak orang yang pindah dari kuadran E ke B mempertimbangkan sistem franchise ini.
Gejala ini juga terlihat dari minat masyarakat untuk mengunjungipameran franchise selama 2 tahun terakhir. Setidaknya itu yang sayaamati dalam dua kali event di Jakarta. Berdasarkanlaporan beberaparekan, jumlah pengunjung Indonesia dalam Global FranchisingExhibition di Singapore juga meningkat 2 tahun terakhir.
Satu hal yang ingin saja angkat dalam posting kali ini adalah apayang perlu ditimbang oleh seorang franchisee saat memilih produkfranchise untuk dijalankannya. Menurut pertimbangan saya ada 3 halterpenting yang perlu dipelajari secara mendalam yaitu:
1. Brand
Apakah produk yang akan kita pilih mempunyai brand yang kuat?Kekuatan 'brand' ini setidaknya harus terbukti di wilayah operasioutlet yang sudah ada (ini berlaku apabila produk franchise ini masihbaru). Tanpa brand yang kuat, maka cukup sulit untuk memprediksireaksi pasar di outlet baru kita. Dengan demikian sebagai franchisee,effort kita akan banyak terkuras untuk mengkampanyekan 'brand' yangnota bene adalah milik franchisor.
2. System
Apakah produk tersebut didukung oleh sebuah sistem oparasional yangbaku, lengkap dan terdokumentasi? Sistem ini diperlukan untukmemastikan operasi bisnis dan produk sama dengan yang diharapkan olehcustomer, yaitu yang diperoleh dari outlet induknya. Bagi franchisee,sistem ini akan sangat bermanfaat sebagai panutan dalam mempersiapkandan menjalankan usaha.
Sebuah sistem franchise hendaknya meliputi berbagai sistem danprosedur kegiatan; diagram alur kegiatan, proses dan informasi; form-form administrasi yang diperlukan; sistem akuntansi yang digunakan;pengelolaan SDM; strategi dan program pemasaran dll.
3. Dukungan
Apakah franchisor memberikan program2 dukungan yang kuat danmenyeluruh? Dukungan ini diperlukan oleh franchisee untuk bisamenjalankan sistem yang ditetapkan secara tepat.
Terkadang franchisee tidak mempunyai latar belakang teknis yang kuattentang produk yang dijalankannya. Untuk seorang franchisee sepertiitu, peran franchisor sangat diperlukan, terutama pada saat2persiapan dan awal pelaksanaan. Beberapa franchisor menempatkankonsultannya secara dedicated untuk periode tertentu.
Nah rekan2, tiga hal di atas yang menurut saya perlu dicermati,dinilai dan dipertimbangkan sebelum kita menandatangani perjanjianfranchise dengan franchisor.Ada pendapat lain atau komentar tentang hal tersebut??Mari kita saling sharing lewat forum ini.
Salam, Bije Widjadjanto www.benwarg.com

0 Comments:

Post a Comment

<< Home